Translate

Selasa, 10 November 2015

TIPS KESEHATAN GIGI




Untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Berikut adalah tips bagaimana merawat gigi...


  1. Gosoklah gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi? setelah makan pagi dan sebelum tidur.
  2. Sekali dalam seminggu, berkumurlah dengan obat kumur. ini dapat membantu mencegah terjadinya plak dan karang gigi.
  3. Sikat gigi dengan baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.
  4. Berhati-hati dalam menggunakan pemutih gigi.
  5. Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu sikat lembuat
  6. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen, atau makanan bertepung. Sisa-sisa makanan ini dapat melekat pada gigi.
  7. Konsumsi buah dan sayur yang dapat membersihkan gigi seperti apel, wortel, dan seledri.
  8. Jika anda suka minum seperti anggur merah, kopi, dan teh, anda harus membatasinya
  9. Jika anda sering merokok, anda harus berhenti merokok
  10. Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali secara rutin.


Tips Memperbaiki gig Retak dan Penyebabnya

Keretakan gigi biasanya ditandai dengan rasa ngilu yang berlebihan dan berlangsung lama pada gigi. Hal ini akan semakin parah, jika kita memaksakan gigi bekerja terlalu keras seperti mengunyah makanan yang berstruktur keras atau terlalu panas.
Ada berbagi  macam cara mudah memperbaiki gigiretak dan penyebab keretakan gigi yang mulai dari kecelakaan hingga akibatnya menjadikan gigi retak. Oleh karenanya sebelum kita bahas dulu bersama-sama penyebabnya.

Penyebab keretakan gigi yaitu :

1. Benturan Langsung

Entah itu terjatuh atau sekedar  terbentur, jika kondisinya cukup keras bisa mengakibatkan keretakan gigi. Meskipun tidak dapat langsung terdeteksi sebagaimana gigi patah, namun keretakan gigi yang diakibatkan oleh benturan ini biasanya berupa rasa ngilu yang berlangsung lama.

2. Kounsumsi Makanan Manis Berlebihan

Bahan kepada anak kecil pun telah sejak dulu diajarkan bahwa berlebihan mengonsumsi makanan manis akibatnya tidak akan baik untuk gigi. Hal ini tidak berlaku untuk anak kecil saja, karena pada dasarnya cara mudah memperbaiki gigi retak yang ringan adalah dengan kurangi konsumsi gula.

3. Panas dan Dingin Berlebihan pada Gigi

Makanan terlalu panas atau terlalu dingin, apa lagi frekuensi mengonsumsinya yang cukup sering juga mengakibatkan keretakan gigi. Oleh karena sebulum mengetahui cara mudah memperbaiki gigi retak lebih baik kita lakukan pencegahnnya dengan mengurangi konsumsi makanan terlalu panas atau terlalu dingi.

4. Kerusakan Gigi

Keroposnya gigi merupakan salah satu bentuk kerusakan gigi yang mengakibatkan keretakan gigi. Keroposnya gigi ini terjadi karena berbagai faktor mulai dari kurang menjaga kebersihan gigi dengan cara menyikat gigi hingga rusaknya enzin pelindung gigi.

5. Efek Pemutihan Gigi

Banyak yang mengorbankan kesehatannya demi penampilan, salah satunya adalah dengan melakukan pemutihan gigi, pemutihan gigi pada umumnya akan mengiksis bagian pelindung gigi hingga mengakibatkan keretakan. Oleh karenanya hindari pemutihan gigi secara berlebihan

Memiliki gigi yang kuat dan sehat merupakan impian semua orang. Di samping itu juga gigi berperan penting dalam membanu pencernaan makanan yang mana bertugas pertama kali dalam melembutkan makanan sebelum masuk ke usus kita.

Terimakasi telah berkunjung dihalaman saya.
silakan kunjungi halaman berikutnya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar