Translate

Selasa, 10 November 2015

TIPS BUAT IBU HAMIL

Setiap ibu pasti senang mendengar kabar kalau dia sedang hamil…
Dan ini adalah tips utuk ibu-ibu yang sedang hamil

  1. Harus rajin kontrol pada dokter atau bidan ketika anda baru mengetahui bawa anda hamil. penting sekali bagi ibu hamil, karena agar mengetahui kondisi bayi dalam perut anda.
  2. Selama masa kehamil ibu hamil dianjurkan untuk mengontrol keadaan janin dan ibu sebanyak 4 kali, yaitu satu kali kunjungan selama trimester 1 (sebelum 14 minggu), satu kali kunjungan selama trimester ke 2 (antara minggu 14-12), dua kali kunjungan selama trimester ke 3 (antara minggu 28-40).
  3.  Pada ibu hamil trimester 1 (usia kehamilan 1-3 bulan) ibu hamil biasanya mengalami mual dan muntah, jadi sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang berbau amis, berminyak, atau berlemak. Pada trimester 1 sebaiknya ibu hamil makan sedikit tetapi sering, ibu hamil juga sebaiknya memperhatikan asupan nutrisi banyak mengkonsumsi sayuran, dan protein, zat besi, minum cukup cairan.
  4. Israhat yang cukup dan sering jalan-jalan pagi
  5. Tanda-tanda bahaya pada ibu hamil yaitu mual dan munta yang belebihan atau berkempanjangan, itu akibatnya dapat mengganggu tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu, pusing yang semakin lama, bengkak pada kaki, gerakan janin berkurang atau tidak bergerak sama sekali, tangan dan wajah, dan keluarnya darah dari alat genetalia. Bila ibu hamil mengalami salah satu tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera menghubungi bidan atau dokter.
  6. Pada ibu hamil trimester ke 3 harus mempersiapkan kebutuhan ibu dan janin pada saat persalinan yaitu persiaapan mental ibu, uang, kendaraan, donor darah tempat dan penolong persalinan, persiapkan pakaian ibu dan bayi.
  7. Tanda–tanda persalinan ketuban pecah, keluar darah bercampur lendir, kontraksi yang semakin sering, dorongan kuat untuk mengejan.
  8. Kebiasaan yang tidak perluh dilakukan ibu hamil yaitu.
  • Mengurangi garam  untuk mencegah preeklamsi atau keracunan dalam kehamilan (hipertensi bukan karena retensi garam)
  •  Membatasi hubungan seksual untuk mencegah abortus dan kelahiran premature. (di anjurkan untuk menggunakan kondom agar semen (mengandung prostaglanding) tidak merangsang kontraksi rahim)
  • Pemberian kalsium untuk mencegah keram pada kaki (kram pada kaki bukan semata-mata di sebabkan oleh kekurangan kalsium)
  • Membatasi makan dan minum untuk mencegah bayi besar (bayi besar disebabkan oleh gangguan metabolism pada ibu seperti diabetes melitus).




Perubahan pesikologi pada ibu hamil yaitu :

  1.     Perubahan psikologi pada ibu hamil trimester 1, pada wanita yang sedang hamil perasaan yang ia rasakan bisa menyenangkan atau tidak menyenangkan. Hal ini dipengaruhi oleh keluhan umum yang dirasakan seperti lelah, lemas, mual, sering buang air kecil, membesarnya payudara, ibu merasa tidak sehat dan sering kali membenci kehamilannya. Perubahan emosi yang dialami ibu yang sering terjadi adalah menangis,  mudah tersinggung, kecewa penolakan, dan gelisah. Pada trimester ini adalah periode penyesuaian diri jadi perlu dukungan dari suami, keluarga dan lingkungan sekitarnya.
  2.         Perubahan psikologi pada ibu hamil trimester 2, pada periode ini ibu sudah bebas dari rasa ketidaknyamanan. Selama periode ini wanita sudah mengharapkan bayi. Dengan adanya gerakan janin, rahimyang semakin membesar, terlihatnya gerakan bayi saat di USG semakin meyakinkan dia bahwa bayinya ada dan dia sedang hamil.
  3.     Perubahan psikologi pada ibu hamil trimester 3, periode ini sering disebut periode menunggu dan waspada sebab pada saat itu ibu tidak sabar menunggu kelahiran bayinya, menunggu tanda-tanda persalinan.





Sekian dari saya, tetapi anda bisa mengen jungi tips yang lainnya di halam berikut
silakan kunjungi halaman berikutnya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar